SDM Tangguh, Kopsyah Rabani Unggul

PEMRED : Iyan Kusyandi

06 Jul 2021, 15:02:23 WIB

SDM Tangguh, Kopsyah Rabani Unggul

KOTA SERANG - kabarbantensatu.com

Saat pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Kopsyah Rabani untuk terus melakukan ekspansi ke wilayah Tangerang Raya. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya Staf Lapang, Kepala Bidang dan Kepala Cabang sangat tinggi, maka Kopsyah Rabani terus menyiapkan SDM dengan memberikan pembinaan secara berjenjang.

Proses pembinaan dilakukan kepada karyawan untuk meningkatkan kapasitas knowledge, praktik dan kapasitas manajerialnya. Dengan kapasitas SDM yang unggul diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan keunggulan kompetitif bagi Kopsyah Rabani. Materi yang disampaikan dalam pembinaan ini disusun melalui kurikulum ala perguruan tinggi dengan komposisi teori dan praktik.

Pola pembinaannya sangat berbeda, selain menggunakan pendekatan ceramah, pembinaan juga dilakukan dengan menggunakan pendekatan diskusi, pemecahan kasus, sampai pada praktik manajemen rumpun. Fokus pada manajemen rumpun, karena rumpun adalah ujung tombak dalam siklus bisnis Kopsyah Rabani. Rumpun yang bagus, otomatis cabang akan bagus, begitu juga dengan performa Kopsyah Rabani.  

Peserta pembinaan juga melakukan praktik bagaimana memulai kegiatan rumpun dari awal hingga akhir. Termasuk bagaimana proses pembentukan rumpun, yaitu diawali dengan aktivitas Latihan Wajib Anggota (LWA). Pembinaan ini akan mematangkan pengalaman karyawan ketika di lapangan. Peserta pembinaan juga disuguhi berbagai macam kasus dan bagaimana mereka dapat menyelesaikannya.   

Pengalaman lebih matang, ketika mereka mulai terjun ke lapangan untuk praktik langsung berhadapan langsun dengan anggota. Praktik lapangan ini menjadi pengalaman yang bersifat aplikatif, dinamis dan komplek dengan segala tantangannya. Untuk bertahan dalam kondisi lapangan yang begitu komplek dengan karakteristik anggota beragam, maka perlu penanaman nilai-nilai yang membangun mentalitas bagi karyawan.   
 
Pembentukan mental dilakukan kepada peserta pembinaan dengan mengupas tuntas Persus Tentang Standar Etika dan Budaya Kerja Kopsyah Rabani. Nilai-nilai tersebut menjadi pembeda karyawan pada Kopsyah Rabani dengan karyawan koperasi lainnya. Dengan etika dan budaya kerja yang baik, diharapkan karyawan dapat terhidar dari segala bentuk tindakan pelanggaran.  

Internalisasi nilai etika dan budaya kerja dalam keseharian dapat menjadi sebuah keunggulan bagi Kopsyah Rabani. Hal ini dapat dipedomani sebagai sebuah etika dan budaya kerja bagi karyawan yang bersifat praktis dalam kehidupan nyata di masyarakat. (red)